Mahasiswa President University Berkesempatan Magang di Konsulat Jenderal RI di Australia

0
498
President University

SYDNEY, presidentpost.id – Banyak mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional memimpikan untuk bisa merasakan tinggal dan bekerja di luar negeri. President University membantu para mahasiswa untuk mewujudkannya. Elisabet Karema Najoan, Mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional President University angkatan 2014 tengah menjalani program magangnya di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) untuk Australia yang berlokasi di Sydney. Ia memulai program magangnya pada tanggal 18 Juni 2017.

Karema merupakan seseorang yang bertekad kuat yang telah melihat dirinya pergi ke luar negeri sejak pertama Ia memutuskan untuk memilih Hubungan Internasional sebagai jurusan pilihannya. Ia bergabung dengan President University karena lingkungan kuliah yang menggunakan Bahasa Inggris dan program magang yang bisa dilakukan di luar negeri.

Karema mengatakan bahwa Bahasa Inggris adalah sebuah keharusan untuk bisa mendapatkan magang di luar negeri. Ia merasa beruntung karena telah bergabung dengan President University yang memungkinkan Ia untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggrisnya baik lisan maupun tulisan. Program magang ini berjalan selama 6 sampai 8 bulan, dan untuk mempersiapkan diri tinggal jauh dari rumah, Karema banyak membaca mengenai kebudayaan Australia dan orang-orangnya. Selian itu Ia juga memperhitungkan biaya hidup di Australia.

“Sydney merupakan tempat yang indah meskipun itu adalah salah satu kota terbesar di Australia, tetapi itu tempat yang tenang dan damai. Bekerja di kota ini merupakan mimpi yang menjadi kenyataan, sementara bekerja di KJRI merupakan pengalaman yang tidak akan bisa dilupakan. Sebagai mahasiswa Hubungan Internasional saya bisa melihat banyak sekali pelajaran mengenai studi hubungan internasional dipraktekkan; bagaimana menghadapi orang dari negara yang berbeda, bagaimana untuk menjaga hubungan diplomatik, bagaimana mempromosikan Indonesia di luar negeri dan masih banyak lagi pengalaman berharga lainnya yang bisa berguna untuk kedepannya”, Jelas Karema.

Melalui program magang ini, Ia telah menghadiri beberapa acara bergengsi. Bertemu dengan gubernur New South Wales dan menteri dari Indonesia adalah salah satunya. Ia telah membangun kemampuan bersosialisasi dengan orang penting dan juga memperoleh banyak sekali pengetahuan tentang kerja sama ekonomi Indonesia dan Australia dikarenakan Karema ditempatkan di divisi ekonomi.

Selanjutnya, Ia berharap banyak mahasiswa dapat menemukan tempat terbaik dan nyaman untuk magang. Ia menyarankan untuk menemukan tempat yang selaras dengan minat dan jangan takut untuk bermimpi besar dan bercita-cita tinggi.

“Magang di luar negeri agak sedikit rumit dan merupakan investasi yang besar. Kamu harus penuh persiapan dan mempunyai tekad. Akan ada banyak rintangan dihadapanmu. Namun, ketika kamu cukup bertekad, kamu pasti bisa. Yang terpenting adalah apapun itu kamu harus percaya dan yakin akan adanya sesuatu yang lebih hebat yang akan menuntun kamu kedalam kesuksesan”, Ucap Karema. (PU/TPP)