Direktur Jababeka: 12 Ribu Diver Diharapkan Akan Berkunjung ke Rhino Dive Center Tanjung Lesung

0
623

PANDEGLANG, presidentpost.id – Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Gubernur Banten Wahidin Halim dan Bupati Pandeglang Irna Narulita turut meresmikan  acara peletakan batu pertama Rhino Dive Center Tanjung Lesung, di Beach Club, Jumat (22/9).

Acara tersebut dihadiri juga oleh Direktur Jababeka Hyanto Wihadhi yang memberikan kata sambutannya. Hyanto mengatakan, “Nantinya akan ada 12 ribu diver yang berkunjung ke Dive Center Tanjung Lesung.”

Nantinya akan diprioritaskan bagi penduduk setempat bagi yang berniat menjadi diver, karena banyaknya spot-spot yang bisa dijadikan untuk diving.

Hyanto menambahkan, “Disini ada lokasi shipwreck peninggalan zaman Belanda luar biasa indah, disekitar mercusuar juga bagus pemandangan bawah lautnya. Tidak lupa Pasir Gundul dan Pulau Liwungan.”

Hyanto menyebutkan Pulau Liwungan merupakan Last Paradise yang perlu digarap, dan berharap nantinya akan menjadi satu kesatuan dengan Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung.

“Fasililtas dive center ini merupakan satu kesatuan dengan beach club, nantinya akan digali 3-4 meter untuk meningkatkan keamanan,” ujarnya.

Hyanto juga berharap para diver asing dapat juga datang dan berbagi ilmu di tempat tersebut.

Pemerintah pusat menetapkan Tanjung Lesung sebagai destinasi pariwisata nasional dan masuk dalam program pengembangan daya tarik pariwisata. Pembangunan Tanjung Lesung menjadi salah satu rencana strategis pemerintah pusat, karena itu telah diprogramkan dibentuk menjadi KEK Pariwisata.

Pembangunan kawasan wisata Tanjung Lesung, dilakukan lintas sektoral, diantaranya Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Kehutanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Perhubungan serta pemerintah Provinsi Banten.

Lahan KEK yang mencapai 1.500 hektare juga menjadi daya tarik pengunjung, apalagi banyak fasilitas yang disedikan di dalamnya sehingga wisatawan akan betah tinggal. Dalam KEK Tanjung Lesung, kata dia, akan dibangun 26 hotel, resort dan kondominium serta fasilitas lainnya termasuk lapangan golf dan tempat pendidikan. (TPP)