Kota Mandiri Terluas di Pinggiran Jakarta, Inilah 5 Diantaranya

0
820
Foto: Dok. Jababeka

JAKARTA, presidentpost.id – Dengan semakin sempitnya lahan di kota Jakarta, tampaknya membuat banyak pengembang memutuskan untuk membangun proyek berskala kota mandiri di pinggiran Jakarta. Proyek tersebut tentunya dapat membantu masyarakat yang ingin memiliki hunian yang nyaman dan dikelilingi oleh fasilitas yang lengkap.

Berbicara mengenai proyek kota mandiri, team redaksi presidentpost.id, kali ini akan membahas 5 kota Mandiri terluas di pinggiran Jakarta.

BSD City

Di koridor barat Jakarta ada Sinarmas Land yang membangun proyek BSD City, total lahan untuk membangun proyek ini mencapai 6.000 hektar. Proyek ini telah dibangun sejak tahun 1984 di sana terdapat beragam fasilitas yang diperuntukan sebagai perkantoran, perdagangan, pendidikan, wisata sekaligus perumahan.

Alam Sutera

Alam Sutera merupakan sebuah kota mandiri yang dikembangkan oleh PT Alam Sutera Realty Tbk, di wilayah Serpong, Tangerang. Dengan luas lahan mencapai 800 hektar di kawasan ini pengembang membangun beragam proyek properti mulai dari perumahan, apartemen, perkantoran hingga pusat perbelanjaan.

Jababeka

Jababeka merupakan kawasan dengan luas total 5.600 hektare di Cikarang, Bekasi ini telah bertransformasi menjadi kawasan hunian dan komersial kelas menengah-atas dan tempat berbisnis bagi lebih dari 1.650 perusahaan multinasional dari 30 negara.

Pesatnya pengembangan infrastruktur dilakukan Jababeka antara lain pembangunan dua stasiun Commuter Line Jabodetabek di Cikarang Utara, dekat Kota Jababeka, termasuk jalur mass rapid transit (MRT), light rail transit (LRT), jalan tol layang (elevated toll road) Jakarta–Cikampek dari Kilometer 8 sampai Kilometer 45 yang pembangunannya sudah dimulai 20 Maret 2017.

Ada pula pembangunan kereta cepat (high speed train) yang melintasi kawasan Cikarang. Sedangkan pengerjaan yang terbaru adalah JR Connexion yang menjadi fasilitas transportasi antar kawasan pengembang di Jabodetabek.

Sentul City

Sentul City merupakan sebuah kota mandiri yang dibangun oleh PT Sentul City Tbk di Bogor. Bisa dibilang, luas lahan proyek ini cukup besar yakni mencapai 3000 hektar. Sentul City dibangun dengan konsep yang mengedepankan kawasan yang asri, nyaman, bersih dan rapih.  Semenjak diluncurkan saat ini pengembang telah memanfaatkan lahan sekitar 900 hektar.

Citra Raya

Citra Raya adalah kota mandiri terbesar yang dimiliki oleh Ciputra Group, dengan luas pengembangan mencapai 2.760 Ha. Proyek yang terletak di Tangerang ini mulai dibangun tahun 1994 dan berisikan fasilitas pendidikan, retail, kesehatan, rekreasi, retail dan perumahan. (IND/TPP)