Empat Kota Mandiri Berlomba Dapatkan Label Silicon Valley Indonesia

0
975
techinasia.com

JAKARTA, presidentpost.id – Kamu mungkin udah akrab banget dengan nama Youtube, Google, Facebook, hingga Apple. Pernah penasaran gak sih sama markas mereka? Ternyata perusahaan raksasa tersebut bernaung di kawasan yang sama, yakni Silicon Valley.

Kini beberapa kota di Indonesia bahkan mulai mengadposi grand design Silicon Valley asal Amerika Serikat tersebut. Kali ini presidentpost.id akan membahas pengembangan 4 Kota Mandiri Berebut Label Silicon Valley Indonesia. Lantas kota mana sajakah tersebut?

Jababeka

PT Kawasan Industri Jababeka Tbk melalui anak usahanya PT Grahabuana Cikarang berencana menjadikan kawasan industri di Cikarang layaknya di Silicon Valley. Jababeka juga telah menggandeng perusahaan IT ternama asal China yaitu, PT Zoomy Media Indonesia yang menyediakan perangkat teknologi tinggi termasuk big data center perusahaan-perusahaan multinasional akan dibangun di wilayah Jababeka.

Pihaknya sedari dulu telah menyediakan jaringan internet berbasis serat optik atau fiber optic yang bekerja sama dengan provider provider yang terpercaya dan terkenal diantaranya bekerjasama dengan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk ( Telkom ), PT. PGAS Telekomunikasi Nusantara anak perusahaan PT Perusahaan Gas Negara dan PT Indonesia Comnet Plus ( ICON +). Untuk membantu anda dalam permasalahan Data Internet, VOIP, IPTV dan Panic button.

BSD City

Pengembang BSD City, Sinar Mas Land menginvestasikan sekitar Rp 7 triliun pembangunan infrastruktur Digital Hub ini dan ditargetkan selesai pada 2019. Digital Hub merupakan inovasi baru Sinar Mas Land untuk mendukung perkembangan industri IT dan teknologi digital saat ini layaknya Silicon Valley Amerika.

Secara khusus, Digital Hub yang terletak di BSD City ini juga telah dilengkapi aplikasi mobile bernama OneSmile. Aplikasi ini dapat terintegrasi dan diakses oleh seluruh warga BSD City.

Aplikasi tersebut berupa pemantauan CCTV, e-walletplatform komunitas, program loyalitas, dan bussiness performance solution. Hal inidapat memberikan kemudahan informasi dan transaksi, mulai dari pembayaran sewa para tenant, iuran lingkungan, air, hingga pemesanan tempat dan pembelian tiket di beberapa restoran dan tempat hiburan di area BSD City.

Batam

Batam merupakan kota yang sangat strategis dekat dengan Singapura dan Malaysia. Selain itu, Batam telah memiliki Nongsa Digital Park (NDP)yang akan dijadikan kawasan pengembangan perusahaan pemula tanah air. Nongsa akan dijadikan kawasan yang penuh inovasi seperti Silicon Valley di Amerika Serikat.

Di kawasan ini terdapat studio animasi dan film terbesar di Asia Tenggara yakni Infinite Studio.

Studio itu telah berhasil mengerjakan film animasi yang tayang di berbagai saluran televisi berbayar dan tempat syuting film ternama.

Meikarta

Didalam master plan Meikarta mega proyek Lippo group senilai Rp. 278 Triliun ini , salah satu fasilitas dengan standar Internasional yang bakal hadir dan menempatinya adalah Indonesia Silicon Valley. Silicon Valley atau kawasan digital akan di bangun Meikarta , disamping Industrial Research Centre juga sudah menjadi bagian dari rencana grand master plan dari Meikarta.

Kawasan dari Indonesia Silicon Valley tersebut nantinya akan lebih mirip seperti kantor pusat Facebook, Twitter, Youtube atau Google di kawasan Silicon Valley, California, Amerika Serikat.

Infrastruktur kelas International pun di rancang hampir di semua kawasan Meikarta Mega Proyek ini. Mulai dari hunian tipe Asia, Eropa dan juga Amerika. Hotel hotel dengan standar dunia International pun ikut hadir, Hyatt, The Ritz Carlton, Mandarin Oriental, St Regis Dan Four Seasons. (IND/TPP)