Job Fair Banten, Dalam 2 Tahun Gubernur Banten Targetkan Angka Pengangguran Turun

0
583
bidikbanten.com
SERANG, presidentpost.id – Pemprov Banten menargetkan angka pengangguran bisa turun dalam waktu dua tahun kedepan. Hal ini disampaikan Gubernur Banten Wahidin Halim saat memberikan sambutan di acara Job Fair Banten di halaman Masjid Al Bantani, KP3B, Curug, Kota Serang, Selasa (22/8).
“Di kita itu masih ada pengangguran hampir 800 ribu orang, ini tentu jadi persoalan. Nah bagaimana kita urung rembug, paling tidak dua tahun kita bisa tekan angka pengangguran ini,” kata pria yang akrab disapa WH itu.
Dijelaskan WH, masih tingginya angka pengangguran di Banten disebabkan karena adanya disorientasi mengenai mata pencahariaan masyarakat. Ia bercerita, jika dulu masyarakat masih mau untuk bekerja sebagai petani, namun sekarang hal itu sudah jarang ditemukan kembali.
“Dulu potensi pertanian di Banten itu sangat tinggi tapi sekarang ditinggal para pemudanya, sekarang mereka lebih pengen cari kerja di perusahaan daripada bertani. Ini yang harus kita coba cari terobosan agar bisa menekan angka pengangguran,” jelasnya.
Ia juga meyakini jika kemampuan tenaga kerja lokal bisa bersaing dengan para tenaga kerja dari luar.
“Pekerja luar sebenarnya skillnya kalah dengan yang dari lokal, tapi karena mereka punya perusahaan mereka ini akhirnya yang diprioritaskan. Nah paling nggak separo lah bisa diterima untuk mengentaskan angka penggangguran,” katanya.
Selain itu, Ia juga meminta instansi pemerintah selain Disnakertrans bisa ikut berkontribusi untuk mengentaskan angka pengangguran di Provinsi Banten. “Seharusnya dinas penanaman modal harus bisa melaksanakan itu, dinas pertanian ataupun dinas lainnya juga harus membantu,” ujarnya.
Sementara, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Banten Alhamidi mengatakan, gelaran job fair tersebut dilaksanakan untuk menekan angka pengangguran di Provinsi Banten yang kini masih tinggi. Terlebih menurut data BPS, pengangguran di Banten masih berada di angka 462.000.
“Angka pengangguran di Banten masih tinggi bahkan masuk empat besar secara nasional. Makanya dengan job fair ini, diharapkan bisa menekan tingginya angka pengangguran di Provinsi Banten,” kata Alhamidi saat menyampaikan laporan pelaksanaan job fair.
Selain dibukanya lowongan bagi 12.072 pelamar, lanjut Alhamidi, sejumlah perusahaan di job fair itu ada yang langsung melakukan seleksi dan melakukan rekrutmen terhadap calon tenaga kerja baru.
“Ada 12 perusahaan yang langsung melakukan seleksi di tempat dan ada juga 20 perusahaan dari forum HRD Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan yang langsung melakukan rekruitmen tenaga kerja,” ujarnya. (BANTENPROV/TPP)