Lokakarya Akhir ACDP 023-A Fase II Dukungan bagi Pendidikan Multi Bahasa Berbasis Bahasa Ibu di Sekolah-sekolah di Pedesaan dan Daerah Terpencil di Papua

0
563

ACDP Indonesia telah menyelenggarakan konferensi pers“Lokakarya Akhir ACDP 023-A Fase II Dukungan bagi Pendidikan Multi Bahasa Berbasis Bahasa Ibu di Sekolah-sekolah di Pedesaan dan Daerah Terpencil di Papua” pada hari ini, Kamis, 20 April 2017, di Hotel Swiss Bel Jayapura, Papua.

Acara ini merupakan bagian dari usaha Pemerintah Daerah Papua dalam menjalankan program percontohan implementasi penggunaan bahasa ibu sebagai bahasa pengantar dalam kelas (Pendidikan Multi-Bahasa Berbasis Bahasa Ibu / PMB-BBI) kepada siswa-siswi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan kelas awal Sekolah Dasar (kelas 1 hingga kelas 3) di Kuyawage Kabupaten Lanny Jaya sejak Juni 2016 yang kini telah memasuki tahap transisi untuk direplikasi secara lebih luas.

Kegiatan yang baru saja diselenggarakan pagi ini merupakan hasil kerjasama dari Kementerian Pendidikan & Kebudayaan, Dinas Pendidikan & Kebudayaan Provinsi Papua, ACDP Indonesia dan Trans Intra Asia (TIA).

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Prov. Papua, Kepala Bappeda Prov. Papua, Sekretaris Daerah Pemda Kab. Lanny Jaya dan perwakilan dari ACDP Indonesia.

Pasca berakhirnya program ACDP Indonesia, proyek percontohan PMB-BBI di Tanah Papua ini akan dilanjutkan bersama-sama oleh Pemerintah Daerah Provinsi Papua, Dinas Pendidikan Provinsi Papua, melalui kerjasama dengan dinas/lembaga terkait, Summer Institute of Linguistic International (SIL), Universitas Negeri Cendrawasih dan Universitas Negeri Papua dan organisasi masyarakat sipil lainnya.