Pemerintah Kota Manado Luncurkan Program Qlue Manado Cerdas

0
947

Manado, 25 Februari 2017 – Walikota Manado periode 2016-2021 G.S. Vicky Lumentut dan Wakilnya Mor Dominus Bastiaan meluncurkan Qlue Manado Cerdas sebagai langkah awal implementasi smart city di kotanya. Qlue Manado Cerdas hadir sebagai program layanan publik Kota Manado yang diharapkan dapat membawa dampak pada peningkatan layanan pemerintah di seluruh perangkat daerah Pemerintah Kota Manado.

“Sesaat setelah terpilih menjadi Walikota dan Wakil Walikota Manado periode 2016-2021 kami mengadakan Rapat Koordinasi Evaluasi Baseline Kepemimpinan Walikota dan Wakil Walikota Manado. Dari rapat itu  kami melihat kebutuhan akan sebuah sistem untuk dapat meningkatkan layanan pemerintah yang melibatkan partisipasi warga. Mengetahui solusi smart city yang dimiliki Qlue, akhirnya kami perlahan bersama membangun progam Manado Cerdas, mulai dari mempelajari sistem yang telah diterapkan Qlue di Jakarta Smart City, pembangunan data center Manado hingga pelatihan terhadap Aparatur Sipil Negara Pemerintah Kota Manado terkait penggunaan Qlue. ” tutur Walikota Manado, G.S. Vicky Lumentut melalui Wakilnya Walikota Mor Dominus Bastiaan.

Kedepannya Pemerintah Kota Manado akan lebih fokus kepada implementasi yang efektif dan berdampak nyata. “Kami berharap Qlue dapat menjadi aplikasi yang dapat memfasilitasi ekspektasi masyarakat terhadap pemerintah tentang layanan publik. Implementasi efektif adalah fokus kami agar kehadiran aplikasi Qlue dalam program Manado Cerdas ini bukan hanya menjadi implementasi sistem smart city semata, tetapi mewujudkan konsep kota cerdas yang sesungguhnya sehingga  mewujudkan peningkatan layanan pemerintahan di seluruh perangkat daerah Pemerintah Kota Manado dengan melibatkan partisipasi warga.” ujar Erwin Kontu, S.H, selaku Kepala Dinas Kominfo Kota Manado.

Pihak Qlue menyatakan keantusiasannya terhadap kerjasama dengan Pemerintah Kota Manado ini, “Meningkatkan partisipasi warga dalam sebuah perubahan kota kearah yang lebih baik adalah visi utama Qlue semenjak pertama kali berdiri. Antusiasme Pemerintah Kota Manado terhadap implementasi Qlue untuk program Manado Cerdas tentu menambah semangat positif bagi kami, dan semoga nantinya antusiasme ini dapat merambah secara positif kota-kota lain di Indonesia. Kami selalu siap membantu kota-kota di Indonesia untuk mewujudkan perubahan kota yang melibatkan partisipasi publik dengan pemanfaatan teknologi.” tutur Rilia Marina Marketing Communication Qlue Indonesia.

Ajakan kepada Masyarakat Manado datang dari Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika Dinas Kominfo, Heintje Lombone, S.Kom, M.Si., “Kami mengajak masyarakat Manado untuk segera bersama-sama mensosialisasikan kehadiran aplikasi Qlue untuk program Manado Cerdas sebagai layanan pengaduan publik. Masyarakat Manado bisa mulai meng-install atau men-download aplikasi Qlue dari Google Playstore atau App Store dan mulai melaporkan keadaan kota yang perlu kita perbaiki bersama. Masyarakat Manado diharapkan dan memaksimalkan sistem yang kita sudah buat bersama untuk dirasakan manfaatnya bersama.”(siaran pers)