Tak lama lagi, Waduk Paya Seunara di Sabang Akan Digenangi

0
1441

Waduk Paya Seunara di Kabupaten Sabang, Aceh segera digenangi. Program penggenangan waduk ini menyusul penggenangan enam waduk lainnya. Sebelumnya, sudah ada waduk yang mengalami penggenangan yaitu, Waduk Jatigede di Sumedang, Waduk Titab-Ularan di Kabupaten Buleleng, Waduk Rajui di Kabupaten Pidie, Waduk Nipah di Sampang dan Waduk Bajulmati di Banyuwangi.

Rencana tersebut disampaikan oleh Kepala Pusat Bendungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Imam Santoso via rilis Selasa (14/6). Imam memaparkan, bagi masyarakat Sabang, dan juga masyarakat Pulau Weh pada umumnya kehadiran waduk ini sangat dibutuhkan, hal ini dikarenakan  untuk memenuhi kebutuhan air baku sumber air utama di Pulau Weh yang semakin hari semakin turun ketersediaan airnya.

Sekedar informasi, waduk ini berada di aliran Sungai Paya Senara memiliki luas area genangan mencapai 111,14 ha. Tubuh bendungan pada waduk ini dibangun oleh PT Inaco Harapan-PT Inaco Putra Perkasa dengan nilai kontrak konstruksi mencapai Rp 37,9 miliar. (HB)