Percepat Pembangunan Papua Barat, Presiden Jokowi Instruksikan Pembentukan KEK Sorong

0
716

Saat rapat terbatas dengan para menteri, Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin pembangunan di Papua maupun Papua Barat dipercepat. Untuk mewujudkan rencana tersebut, Jokowi menginstruksikan para menteri untuk mengkaji secara komprehensif pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Sorong. Jokowi meminta agar KEK Sorong betul-betul dipastikan dari sisi kesiapan lokasi, zonasi, lahan, infrastruktur, transportasi, dan kelembagaannya.

Jokowi mengatakan, untuk membangun Papua bukan hanya diperlukan penguatan konektivitas seperti pembangunan jalan, jembatan, bandara, dan pelabuhan. Selain itu, Jokowi meninginkan KEK Sorong jadi pusat pertumbuhan ekonomi, “kawasan industri sebagai pusat pertumbuhan ekonomi di tanah Papua,” ujar Jokowi dalam rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (14/6).

Pembentukan KEK ini akan bekerja sama dengan pemda. Pemda diminta menyediakan tanahnya sebagai modal dasar. Sedangkan pemerintah pusat akan membantu membangun infrastrukur dasar seperti jalan, air, dan listrik.  Nantinya, KEK Sorong diharapkan dapat menjadi pemacu tumbuhnya perekonomian Indonesia Timur dan mengurangi gap pembangunan dengan Indonesia bagian Barat.