Indonesia International Institute for Life Sciences, Institut Berbasis Penelitian dan Inovasi

0
1349

Indonesia International Institute for Life Sciences (i3L) adalah institusi pendidikan dan penelitian premium yang didedikasikan pada inovasi dan berpusat di Jakarta – dengan fasilitas-fasilitas satelit untuk penelitian laut, hutan, dan kesehatan. Sebagai institut pendidikan berbasis penelitian, i3l dilengkapi dengan fasilitas kelas dunia dan pengajar dengan jumlah publikasi jurnal ilmiah yang terbesar di Indonesia.

Saat i3L juga merintis pengembangan kompetensi global, kewirausahaan, dan integrasi kegiatan pendidikan dan penelitian untuk menghasilkan kepemimpinan ilmiah yang siap menghadapi tantangan abad ke-21. i3L berdiri berkat kolaborasi antara Indonesia dan Karolinska Institute dan Swedish University of Agriculture Sciences (SLU), Swedia.

Saat ini i3L menyediakan program-program pendidikan berorientasi global dengan kelebihan terhubung dengan profesional dari anggota pengajar dan staff nasional dan internasional kelas atas. Kurikulumnya telah dikembangkan dalam kemitraan dengan lembaga-lembaga internasional kelas atas didukung dengan teknologi modern dan interaktif dalam kelas belajar-mengajar yang terhubung secara global.

Beberapa program pendidikan i3L yaitu :

1. Ilmu Pangan (Food Science)

Bidang ilmu pangan meliputi pengetahuan kimiawi dan sifat fisik dari makanan – prinsip-prinsip pengolahan makanan dan pengembangan produk makanan baru dan yang lebih baik. Ilmu pangan telah menjadi area penting dalam menciptakan bisnis konsumen dengan pertumbuhan tinggi dan perbaikan dalam nutrisi dan kesehatan manusia melalui perbaikan dalam profil gizi, teknik pelestarian, dan produktivitas.

1. Teknologi Pangan (Food Technology)

Teknologi pangan adalah ilmu terapan solusi teknis baru untuk panen, pengolahan dan pengangkutan bahan makanan dan pemprosesannya menjadi produk konsumen – mulai dari pemanenan sampai pembuatan makanan.

1. BioMedis (BioMedicine)

Biomedis adalah nama kolektif untuk semua mata pelajaran biologi yang berhubungan dengan kesehatan manusia dan kesejahteraannya meliputi analisis dan modifikasi bahan hidup untuk aplikasi obat terapeutik.

1. BioTeknologi (BioTechnology)

Bioteknologi adalah sebuah ilmu disiplin yang terletak di persimpangan biologi dan teknologi – meliputi interaksi antara manusia dan mesin. Memanfaatkan aplikasi biologis teknologi dan aplikasi teknologi biologi, ilmuwan bioteknologi telah bertanggung jawab untuk terobosan inovasi berdampak tinggi termasuk alat pacu jantung, sendi buatan, biofuel, dan pemetaan genom manusia.

1. BioInformatika (BioInformatics)

BioInformatika adalah bidang menarik yang berdiri pada antarmuka antara biologi, matematika dan ilmu komputer. Siswa yang menghadiri program BioInformatika akan belajar metode inovatif untuk mengumpulkan, menyimpan, mengorganisir, dan menganalisis data biologis untuk menghasilkan kesimpulan yang berguna yang membantu memudahkan dan mempercepat inovasi dalam life sciences.

1. BioEntrepreneurship (BioEntrepreneurship)

Bidang BioEntrepreneurship berdiri pada antarmuka antara bisnis, biologi, kimia dan teknik – dan pembentukan kewirausahaan yang sukses membawa inovasi ilmiah dan penemuan ke dunia bisnis.