Menteri Basuki Resmikan Peletakan Batu Flyover Antapani Bandung

0
1006

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan peletakkan batu pertama pembangunan Flyover Antapani di Jalan Terusan Jakarta Kota Bandung, Jumat (10/6). Acara tersebut juga dihadiri oleh Wali Kota Bandung M Ridwan Kamil, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Dedi Taufik dan Kepala Dinas Bina Marga Jawa Barat M Guntoro.

Dalam sambutannya Menteri PUPR mengatakan pembangunan Jembatan Layang Antapani ini diharapkan dapat mengatasi kemacetan di persimpangan Jalan Antapani-Terusan Jakarta yang selama ini kerap terjadi setiap harinya.

Senada dengan Menteri PUPR, Walikota Bandung Ridwan Kamil mengatakan dengan dibangunnya flyover tersebut, diharapkan bisa mengurai kepadatan kendaraan yang melintas di kawasan tersebut. Sedikitnya ada 9 rute Angkot dan beberapa trayek Bus Damri yang melintas Perempatan Antapani.

“Dengan adanya flyover, kendaraan bisa terurai. Atas nama warga Kota Bandung, khususnya warga Antapani, kami mengucapkan terimakasih kepada Kemterian PUPR atas pembangunan flyover dengan inovasi struktur baja bergelombang di Kota Bandung,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar juga mengimbau warga agar mendukung pembangunan ini, salah satunya dengan bersikap sabar. Deddy mengatakan, flyover ini dibangun untuk kepentingan umum.

“Pembangunan ini harus didukung oleh semua pihak. Karena jembatan inilah yang kelak menjadi salah satu urat nadi perekonomian Jawa Barat. Juga menjadi pengurai kemacetan, penghemat bahan bakar, mendukung sektor pariwisata, serta meningkatkan indeks kebahagiaan masyarakat Bandung,” ujarnya.

Pembangunan Jembatan Layang Antapani merupakan proyek kerjasama antara Pusjatan Balitbang Kementrian PUPR dengan Pemerinta Kota Bandung dan Posco Steel Korea. Dari Total anggaran Rp 33,5 miliar (sebelumnya disebutkan 40 miliar), Rp 21,5 miliar berasal dari anggaran Pusjatan, Rp 10 miliar dari Pemkot Bandung dan Rp 2 miliar dari Posco Steel Korea. Rencananya pembangunan flyover ini rampung bulan Desember. (HB)