Target Produksi Ikan 38,2 juta ton pada 2019

0
795

 

PENANGKAPAN-IKAN

Fokus utama pemerintahan baru di sektor perikanan adalah mengoptimalisasi produksi perikanan budi daya nasional dan produksi perikanan tangkap di Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia (ZEEI) dan laut lepas. Target produksi perikanan budi daya dan nasional pada tahun 2019 adalah 38,2 juta ton.

Menurut Wakil Ketua Kamar Dagang Industri (Kadin) Bidang Kelautan dan Perikanan Yugi Prayanto, road map mengenai sektor maritim di Indonesia untuk pemerintahan baru telah mencapai tahap finalisasi.

“Kita targetkan perikanan budi daya dan nasional bisa mencapai 38,2 juta ton di tahun 2019 dan menjadi salah satu komoditi ketahanan pangan nasional,” katanya di Jakarta, Jumat (22/8/2014).

Kepala Riset Pusat Kajian Pembangunan Kelautan dan Peradaban Maritim Suhana menjelaskan, saat ini hasil ikan tangkap Indonesia mencapai 5,8 juta ton per tahun, hal tersebut telah melebihi syarat tangkap ikan sebesar 80% yang jumlahnya 6,4 juta ton.

“Karena sudah melebihi batas 80%, hitung-hitungan kami angka 38,2 juta ton tersebut bisa terealisasi dari sumbangan budi daya ikan, tentunya sektor rumput laut menjadi yang paling diperhitungkan,” ujarnya. Dia menambahkan, produksi keseluruhan sektor perikanan tangkap dan budidaya, termasuk rumput laut mencapai 18 juta ton per tahun.

Menurut Suhana, hal yang perlu diperhatikan dalam pertumbuhan sektor budi daya adalah mengenai benih dan pakan. “Kalau teknologi ini kita kembangkan terus, dalam rentang 5 tahun tidak menutup kemungkinan bisa tercapai,” jelas Suhana. (jok)