Neraca Perdagangan Indonesia Masih Menunjukkan Tren Menaik

0
632

Berdasarkan data dari  Badan Pusat Statistik (BPS) mengenai pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) pada triwulan I-2014, nerace perdagangan Indonesia masih menunjukan tren membaik. Dengan, perlambatan pertumbuhan ekonomi dunia melanda sejumlah negara emerging markets sejak pertengahan tahun 2013 hingga triwulan I tahun 2014, Indonesia dikatakan selamat dari dampak perlambatan ekonomi tersebut. Demikian dikatakan Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Firmanzah.

Ia menegaskan bahwa data dari BPS memperlihatkan fundamental ekonomi terus membaik, meskipun masih dibayang-bayangi oleh tekanan perlambatan global, terutama dari negara-negara mitra strategis seperti Tiongkok dan Jepang.

Seperti diketahui, pada pekan lalu BPS mengumumkan data pertumbuhan PDB Indonesia periode triwulan I-2014. Dalam rilisnya, BPS menyampaikan bahwa pertumbuhan PDB Indonesia pada triwulan I-2014 mencapai 5,21 persen (yoy). Menurut BPS, seluruh sektor mengalami pertumbuhan kecuali sektor pertambangan dan penggalian yang turun sebesar 0,38 persen.

Pihaknya mengakui, pertumbuhan PDB Indonesia pada triwulan I-2014 tersebut lebih rendah dari target dan pertumbuhan triwulan sebelumnya. Meskipun demikian, pertumbuhan sebesar 5,21 persen pada triwulan 1-2014 masih berada pada kategori pertumbuhan tinggi di dunia saat ini.