Aher Tunjuk Daud Achmad jadi Plh Bupati Cirebon

0
514

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) melantik staf ahlinya, Daud Achmad, menjadi pelaksana harian(Plh) Bupati Cirebon, Rabu (8/1) di Gedung Sate Bandung.

Penunjukan penjabat bupati itu tertuang dalam Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri. Terhitung pelantikan hari ini, Rabu, 8 Januari 2014, Daud resmi menggantikan posisi Plh Bupati Cirebon yang dipegang oleh Sekda Cirebon, Dudung Mulyana. Masa jabatan Bupati Cirebon dan wakilnya resmi habis terhitung 10 Desember 2013 lalu.

Aher mengatakan, kewenangan penjabat bupati itu akan menjalankan tugas-tugas bupati sampai bupati terpilih dilantik. Salah satunya menyelesaikan proses penyusunan APBD Kabupaten Cirebon 2014, yang kini tengah dalam tahap evaluasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat. “Penjabat bupati berhak menandatangani Perda APBD,” kata dia.

Menurut dia, Plh bupati juga bertugas untuk mengawal proses pemilukada yang tinggal menunggu penetapan KPU Cirebon atas hasil pencoblosan putaran dua. “Jika tidak ada gugatan ke MK, KPU Cirebon akan langsung menetapkan bupati dan wakil bupati terpilih,” kata Aher.

Ketua KPU Jawa Barat Yayat Hidayat menyatakan hari ini, Rabu, 8 Januari 2014, merupakan hari terakhir untuk mengajukan gugatan keberatan terhadap proses pemilukada Cirebon yang memasuki putaran kedua. “Sekarang masih menunggu apakah ada pengaduan atau tidak,” jelasnya.